• DIRGAHAYU KOTA KEFAMENANU. SELAMAT HUT KE-96
  • SELAMAT HUT RI KE-74. DIRGAHAYU NKRI. MERDEKA!
  • Kantor DPRD Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Pacuan Kuda di Tanjung Bastian
  • Kantor Bupati Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara

Pemerintah Desa Perlu Berperan Secara Aktif Untuk Mengatasi Masalah Stunting

Wakil Bupati Timor Tengah Utara Aloysius Kobes, S.Sos dalam lawatannya ke Desa Tuabatan Barat, Kecamatan Miomaffo Tengah, Kamis, 4 Juli 2019 dihadapan para orang tua bayi balita dengan kasus stunting menegaskan agar pemerintah desa perlu berperan secara aktif untuk mengatasi masalah stunting di Kabupaten TTU. Mengacu pada Permendes nomor 16 tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2019, Wakil Bupati Kobes menekankan agar 7 item kegiatan yang terkait dengan pelayanan publik, pelayanan gizi dan pencegahan anak kerdil (stunting) yang termuat dalam pasal 6 ayat 1 dan 2, peraturan tersebut dapat dijabarkan dalam program dan kegiatan di desa secara baik.

Untuk itu lanjut Kobes, lembaga kemasyarakatan desa harus dibentuk dan dikelola dengan baik agar dapat berperan secara maksimal seperti yang tertuang dalam Permendagri nomor 18 tahun 2019 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa. Lembaga Kemasyarakatan desa seperti PKK dalam kegiatan posyandu lanjut Wakil Bupati Kobes, perlu ditingkatkan perannya, baik secara kelembagaan maupun sumber daya manusianya agar permasalahan-permasalahan di desa termasuk masalah stunting dapat ditangani sampai tuntas.

Program 150 hari mengatasi stunting di Kecamatan Miomaffo Tengah lanjut Wakil Bupati Kobes dapat berhasil dengan baik, jika pemerintah Desa dapat menata lembaga kemasyarakatannya secara maksimal. Wakil Bupati Timor Tengah Utara bersama Tim terlebih dahulu menyambangi warga di Desa Tuabatan. Setelah menyampaikan sepatah katanya, Kobes bersama anggota tim lainnya melanjutkan lawatan ke Desa Tuabatan Barat. Kegiatan didahului dengan penyuluhan kepada suami istri bayi balita oleh dinas kesehatan mengenai faktor-faktor penyebab stunting, pentingnya imunisasi, pentingnya Inisiasi Menyusu Dini, ASI eksklusif, dan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Jumlah kasus stunting di Desa Tuabatan Barat per Juli 2019 dari total 59 orang bayi/balita, 26 diantaranya masuk dalam kategori stunting dengan rincian status sangat pendek sebanyak 2 orang dan status pendek sebanyak 24 orang.

(Fyan)

Hits: 258