• PLBN Wini
  • Bukit Tuamese
  • Pantai Wini - Insana Utara
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Pacuan Kuda di Tanjung Bastian
  • Kantor Bupati Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • SELAMAT HUT RI KE-74. DIRGAHAYU NKRI. MERDEKA!
  • Kantor DPRD Kabupaten TTU
  • DIRGAHAYU KOTA KEFAMENANU. SELAMAT HUT KE-96

Pelantikan Penjabat Kepal Desa Oetalus

Camat Bikomi Selatan Drs. Yohanes Sanak, MA atas nama Bupati Timor Tengah Utara mengambil sumpah dan melantik Gabriel Ganggur sebagai penjabat Kepala Desa Oetalus. Pelantikan tersebut didasarkan pada surat keputusan Bupati Timor Tengah Utara nomor 91/KEP/HK/II/2020 tentang Pemberhentian dan pengangkatan penjabat kepala desa Oetalus Kecamatan Bikomi Selatan. Acara pelantikan tersebut berlangsung di Aula Kantor Desa Oetalus, Kamis 05 Maret 2020 dihadiri dan disaksikan oleh Asisten Tata Praja Setda TTU, Drs. Yoseph Kuabib.

Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Sau Fernandes, S.Pt dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Tata Praja Setda TTU Drs. Yoseph Kuabib menegaskan enam hal penting yang perlu diperhatikan secara baik oleh penjabat Kepala Desa dan aparat desa dalam menjalankan tugasnya. Yang pertama, Fernandes menekankan bahwa penjabat kepala desa adalah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) oleh karena itu harus bekerja sebagai seorang aparatur yang memiliki wawasan dan pemahaman birokrasi yang lebih baik. Fernandes mengharapkan agar penjabat kepala desa dapat menunjukkan performa yang baik dalam hal disiplin kerja serta disiplin masuk dan keluar kantor.

Dalam melayani masyarakat lanjut Fernandes, seorang aparatur harus tegas dalam prinsip, namun lembut dalam cara pelayanannya. Yang kedua, Fernandes berharap penjabat kepala desa dapat menata kelembagaan desa dan seluruh administasi desa, seperti administrasi kependudukan yang meliputi jumlah penduduk, jumlah kelahiran dan kematian, jumlah pindah masuk dan pindah keluar penduduk desa serta administrasi desa lainnya sebab menurutnya administrasi desa adalah data dasar perencanaan pembangunan di desa.  Yang ketiga, Fernandes mengharapkan agar penjabat kepala desa bersama seluruh aparatur desa dapat mengelola keuangan desa secara profesional, transparan dan akuntabel. Fernandes juga menegaskan bahwa dana desa diperuntukkan bagi kesejahteraan masyarakat desa dan bukan untuk kesejahteraan orang perorangan. Oleh karena itu Fernandes menegaskan agar dana  desa harus digunakan sesuai dengan aturan dan peruntukkannya sebagaimana yang telah ditetapkan dalam APBDes. Yang keempat, Fernandes meminta agar penjabat kepala desa bersama perangkat desanya terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat desa, baik dalam pengelolaan keuangan desa maupun dalam pelayanan administrasi lainnya sehingga kegiatan pembangunan di desa tidak tertunda atau batal, hanya karena ketidakmampuan aparatur desa dalam melaksanakan tugasnya. Yang kelima, Fernandes meminta agar APBDes yang sudah ditetapkan harus segera dilaksanakan. Sebagai seorang ASN lanjut Fernandes penjabat kepala desa tentu lebih memahami pengelolaan keuangan pemerintah. Oleh karena itu penjabat kepala desa harus  berupaya agar proses pencairan dana, penggunaan dana, pelaporan dan pertanggungjawabannya dapat dilaksanakan tepat pada waktunya. Dan yang terakhir Fernandes menitipkan segala urusan yang terkait dengan pemberdayaan keluarga dan ibu-ibu di desa kepada ketua TP PKK desa sebagai penanggungjawab. Menurut Fernandes ketua TP PKK desa memiliki andil yang cukup besar dalam pemberdayaan ekonomi rumah tangga desa Oetalus dengan demikian seorang ketua TP PKK lanjut Fernandes, turut mendukung penjabat kepala desa dalam menjalankan tugasnya memimpin desa tersebut.

Mengakhiri sambutannya Bupati Fernandes menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Desa yang lama Margaritha Kenat, yang telah menjalankan tugasnya dengan baik. Kepada BPD dan seluruh masyarakat desa Oetalus Fernandes mengharapkan agar dapat mendukung penjabat kepala desa dalam menjalankan tugasnya sampai dengan terpilihnya kepala desa yang baru.

Fyan

Hits: 136