• Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H
  • Bukit Tuamese
  • Pantai Wini - Insana Utara
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Pacuan Kuda di Tanjung Bastian
  • Kantor Bupati Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • SELAMAT HUT RI KE-74. DIRGAHAYU NKRI. MERDEKA!
  • Kantor DPRD Kabupaten TTU
  • DIRGAHAYU KOTA KEFAMENANU. SELAMAT HUT KE-96
  • PLBN Wini

BUPATI TTU BUKA TMMD KE - 107 KODIM 1618 TTU

Pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 107 Kodim 1618 TTU tahun anggaran 2020 berlangsung di SDN Letkase, Desa Nian Kecamatan Miomaffo Tengah, Senin 16 Maret 2020. Pembukaan kegiatan tersebut didahului dengan Ibadat Sabda bersama yang dilangsungkan di salah satu ruang kelas SDN Letkase, dipimpin Rm. Yafet Pr, pastor rekan Paroki St. Nikolas Bijaepasu, dihadiri Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Sau Fernandes, S.Pt Dandim 1618 TTU Letkol Arm. Roni Junaidi, Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas, Kajari TTU Bambang Sunardi, Ketua DPRD TTU Hendrikus Bana, para pimpinan OPD, Kapolsek Miomaffo Barat, Camat Miomaffo Tengah bersama para Kepala Desa dan aparat desa di Kecamatan Miomaffo Tengah, serta warga desa Nian.

Bupati Timor Tengah Utara, Raymundus Sau Fernandes, S.Pt dalam sambutannya usai ibadat sabda mengatakan, TMMD adalah bentuk kerjasama antara Kementrian Dalam Negeri dan Panglima TNI, yang  ditindaklanjuti oleh para Bupati di seluruh Indonesia dengan menyiapkan sejumlah anggaran dalam APBD yang dihibahkan ke TNI untuk melaksanakan TMMD. Oleh karena itu Fernandes mengharapkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat di Desa Nian dalam mendukung kegiatan tersebut. Fasilitas-fasilitas yang sedang dibangun dalam TMMD, lanjut Fernandes, harus ditindaklanjuti dengan baik dengan bekerja secara sungguh-sungguh terutama dalam membangun semangat gotong royong yang akhir-akhir ini mulai memudar.

Menurut Fernandes, kehadiran TNI ditengah-tengah masyarakat adalah untuk dimiliki, karena TNI adalah milik seluruh masyarakat. Oleh karena itu TNI harus dicintai, didukung dan diberi semangat. Dengan demikian TNI juga akan memberi perhatian serupa kepada masyarakat ujar Fernandes. Kegiatan TMMD lanjut Fernandes, bukan  hanya untuk membangun fisik semata seperti pembuatan jalan dan pembangunan kapela, melainkan lebih dari itu, untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.  Pancasila harus selalu menjadi dasar, pegangan dan pedoman hidup. Saling menghargai dan menghomati adalah makna lain dibalik TMMD yang harus ada dalam seluruh prosesnya tegas Fernandes.

Pada kesempatan tersebut Bupati Fernandes menyampaikan terimakasih kepada Dandim 1618 TTU bersama jajarannya yang terlibat dalam proses TMMD. Fernandes berharap, dalam kegiatan ini, TNI  tidak hanya membangun secara fisik saja, tetapi juga dapat membangun rasa dan semangat nasionalisme masyarakat desa Nian untuk terus dikembangkan.

Mengakhiri sambutannya Bupati Fernandes menegaskan bahwa sebagai daerah yang berada diwilayah perbatasan negara, ideologi dan wawasan kebangsaan serta semangat bela negara harus ditanamkan dalam hati seluruh rakyat,sehingga ketika ada hal-hal yang bersinggungan dengan daerah perbatasan dan kemudian terjadi infiltrasi ideologi, budaya dan lain sebagainya, masyarakat di wilayah perbatasan tidak lagi dipengaruhi karena di dalam dirinya sudah tertanam wawasan kebangsaan, patriotisme dan semangat bela negara yang luar biasa.

Usai sambutan, Bupati Fernandes bersama pimpinan forkompimda berkenan menyerahkan 100 paket bantuan  bagi masyarakat desa Nian yang diserahkan secara simbolis untuk 10 kelompok perwakilan masyarakat desa. Setelah penyerahan bantuan tersebut, acara dilanjutkan dengan peninjauan dua lokasi sasaran kegiatan TMMD yaitu pembangunan Kapela di dusun B, Letkase dan pembuatan jalan rabat beton di dusun C, Nunsena.

(Fyan)

Hits: 504