• Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H
  • Bukit Tuamese
  • Pantai Wini - Insana Utara
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Pacuan Kuda di Tanjung Bastian
  • Kantor Bupati Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • SELAMAT HUT RI KE-74. DIRGAHAYU NKRI. MERDEKA!
  • Kantor DPRD Kabupaten TTU
  • DIRGAHAYU KOTA KEFAMENANU. SELAMAT HUT KE-96
  • PLBN Wini

Bupati Fernandes Pantau 100 Hektar Lahan Garapan di Napan

Bupati Timor Tengah Utara, Raymundus Sau Fernandes, S.Pt turun langsung ke Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Selasa (14/7/2020) siang untuk memantau lokasi lahan garapan seluas 100 hektar yang saat ini telah digarap masyarakat setempat. Kunjungan tersebut sebagai bentuk upaya pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara dalam mengelola lahan tidur untuk dimanfaatkan sebagai potensi pengembangan sektor pertanian di wilayah perbatasan RI dan District Oecusse-RDTL.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut anggota DPRD Provinsi NTT Dolvianus Kolo, S.Pd, Anggota DPRD TTU Agustinus Siki, para Pimpinan OPD Lingkup Pemkab. TTU, Camat Bikomi Utara, Komandan Pos Napan, para Kepala desa, tokoh masyarakat dan pihak terkait lainya. Bupati Raymundus turun langsung dan berjalan kaki mengelilingi lahan yang sudah digarap tersebut.

Bupati Raymundus mengapresiasi dan mendukung langkah awal yang telah dilakukan masyarakat setempat. Pasalnya, Desa Napan sebagai pintu masuk wilayah NKRI maka harus didandan indah dengan pengelolaan lahan tidur yang ada menjadi potensi pertanian yang mempunyai ciri khas di wilayah perbatasan. Pada kesempatan itu Bupati Ray langsung menurunkan dua alat traktor untuk membantu menggarap lahan yang ada, serta memerintahkan camat dan para kepala desa untuk membantu masyarakat setempat. "Saya akan turun kembali pada bulan agustus nanti. Dua traktor yang ada semoga bisa membantu menggarap lahan yang ada," ungkap Bupati Ray.

Selain Desa Napan, Bupati Ray juga mengapresiasi dan mendukung Desa Tes, Desa Banain B dan Banain C yang sudah mulai menggarap lahan. Bupati juga akan turun langsung dan memantau lahan garapan yang ada, "Desa yang sudah mulai garap lahan akan menjadi contoh bagi desa yang lain. Saya akan dukung dan turun langsung untuk melihat lahan yang digarap," ujar Bupati Ray.

Sekretaris Desa Napan, Marselus Siki, menjelaskan, lahan yang dikunjungi Bupati tersebut seluas 200 hektar. Lahan tersebut difasilitasi pemerintah desa untuk dikelola oleh 282 kepala keluarga. Lahan 200 hektar tersebut, kata Merselinus, akan ditanami kacang tanah serta tanaman produktif lainnya seperti kelor, lamtoro dan Gala-gala untuk kepentingan peternakan, "Kami bantu anggaran untuk pembuatan terasering dan pemupukan serta benih kacang tanah 10 Kg per kepala keluarga," ungkapnya.

(Apson benu)

Hits: 78