• Kantor DPRD Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Pacuan Kuda di Tanjung Bastian
  • Kantor Bupati Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara

Wakil Bupati TTU membuka Forum SKPD dan Musrenbang Tk. Kab. TTU

Penyelenggaraan Forum SKPD dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan sejatinya memiliki nilai dan arti yang sangat strategis, kerana melibatkan semua pihak yang berkepentingan dan berkompeten serta peduli terhadap pembangunan di daerah.

Demikian dikemukakan Wakil Bupati TTU Aloysius Kobes S,Sos ketika memberikan sambutan pada acara Pembukaan Forum SKPD dan Musrenbang Tingkat Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2014, tanggal, 19 Maret 2014 di Aula Bappeda Kabupaten TTU.

Dikatakan, Penyelenggaraan Forum SKPD dan Musrenbang telah sesuai dengan kaidah perencanaan strategis dan spirit otonomi daerah,  yang antara lain mengedepankan pendekatan partisipatif dan pendekatan dari tingkat bawah ke tingkat atas (Bottom-Up).

Untuk itu menurut Wakil Bupati TTU agar Forum SKPD dan Musrenbang Tingkat Kabupaten tidak dinilai sebagai suatu ritual tahunan yang kurang bermanfaat maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan  oleh maing-masing SKPD antara lain; hasil musrenbang kecamatan dan hasil evaluasi kinerja SKPD pada Tahun 2012, 2013 dan tahun berjalan, serta draf kegiatan prioritas berdasarkan renstra SKPD dan pagu indikatif anggaran tiap SKPD. Mengingat pelaksanaan pembangunan harus disesuaikan dengan rencana dan program pemerintah daerah sehingga tercapai sasaran yang ditetapkan sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten TTU periode 2011-2015.

Selanjutnya perhatian tiap SKPD perlu ditujukan pula pada rencana pembangunan dearah yang mesti disusun dengan menggunakan data dan informasi yang lengkap dan akurat serta rencana tata ruang. Disamping itu tiap SKPD  harus mampu mengidentifikasi dan menganalisa potensi, kendala, peluang dan tantangan pembangunan pada tahun 2015 dengan tetap memperhatikan berbagai ketentuan/regulasi dan atau perubahan regulasi yang berlaku. Sekaligus dapat  melihat pembangunan di daerah ini secara holistic agar rencana pembangunan yang disusun tidak hanya untuk merespon keinginan kelompok tertentu melainkan mampu mendorong kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Wakil Bupati Aloysius Kobes, lebih lanjut mengatakan dimensi lain yang menjadi pertimbangan adalah aspek pendanaan dimana Pemerintah Daerah  masih memiliki ketergantungan fiksal terhadap alokasi dana pemerintah pusat yang sangat besar, hal ini menuntut kejelian dari pemerintah daerah untuk menyusun rencana pembangunan berdasarkan skala prioritas, yakni melalui kegiatan hari ini, diharapkan dapat menghasilkan dokumen Musrenbang yang terukur, dapat dicapai/dilaksanakan, realistic/masuk akal dan fokus pada Arah Kebijakan Pembangunan Daerah Tahun 2015 yang telah digariskan dalam RPJMD, dan tetap memperhatikan aspek pertumbuhan, pemerataan, keadilan serta kesinambungan pembangunan.

Sementara itu, berkaitan dengan Pemeilihan Umum Legislatif yang akan berlangsung tanggal, 9 April 2014 mendatang, Wakil Bupati TTU meminta kepada seluruh apartur pemerintah agar dapat memberikan pencerahan tentang hak dan kewajiban politik masyarakat selaku warga negara, sekaligus membantu KPU mensosialisasikan tentang cara pencoblosan yang benar bagi masyarakat. Sedangkan khusus bagi para Camat, Lurah/Kepala Desa diminta agar segera menyelesaikan pendataan penduduk, yang sampai dengan saat ini belum terdata sebagai pemilih tetap.

Hadir pada pada kesempatan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Kefamenanu, kapolres TTU, Rektor Unimor, Romo Deken Kefamenanu, Pimpinan SKPD Tk.Kab.TTU, Pihak LSM dan undangan lainnya.

[Bagian Humas & Protokol Setda TTU]

 

 

 

Hits: 2958

Traffic

  • IP: 54.81.78.135
  • Browser: unknown
  • Browser Version: unknown
  • Operating System: unknown