• Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H Mohon Maaf Lahir & Batin
  • DIRGAHAYU RI 76
  • Pantai Wini - Insana Utara
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Pacuan Kuda di Tanjung Bastian
  • Kantor Bupati Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Bukit Tuamese
  • Kantor DPRD Kabupaten TTU
  • PLBN Wini

Bupati TTU Lantik Empat Penjabat Kades di Lantai II Kantor Bupati

Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Drs. Juandi David melantik empat orang Penjabat Kepala Desa di aula lantai II Kantor Bupati TTU, Selasa (18/1/2022). Pelantikan tersebut dilakukan di Kantor Bupati demi meminimalisir anggaran yang dikeluarkan di setiap desa.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 10.30 wita itu dihadiri juga oleh  Wakil Bupati  TTU Drs. Eusabius Binsasi, Ny. Dra. Elvira B. Ogom yang merupakan Ketua TP PKK Kabupaten TTU,  Ny. Susana Sarumaha Binsasi yang juga merupakan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten TTU.

Turut hadir dalam kegiatan yang tetap mematuhi protokol kesehatan tersebut yakni Penjabat Sekda TTU, para Asisten, para Staf Ahli, Kepala Dinas terkait, para Camat, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan unsur terkait lainya dari keempat desa. 

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan itu dilakukan kepada empat orang PNS  Kabupaten TTU yang dipercaya dan ditunjuk untuk mengemban jabatan sebagai Penjabat Kepala Desa Jak, Kecamatan Miomaffo Timur, Penjabat Kepala Desa Nonotbatan Kecamatan Biboki Anleu, Penjabat Kepala Desa Oenenu Selatan Kecamatan Bikomi Tengah, dan Penjabat Kepala Desa Bijeli, Kecamatan Noemuti.

Bupati TTU, Drs. Juandi David dalam sambutannya, menyampaikan proficiat dan selamat menjalankan tugas kepada penjabat kepala desa terlantik serta mantan kepala desa yang telah selesai masa pengabdiannya. "Pelaksanaan pelantikan dilakukan di ibu kota kabupaten bertujuan untuk efisiensi dan efektivitas pelaksanaan pembangunan di desa," tegasnya.

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas PMD TTU ini mengharapkan, pelantikan penjabat kepala desa di awal tahun 2022 ini dapat berdampak positif terhadap pelaksanaan kegiatan pemerintahan di desa. Selain itu, segera membuat kalender kerja. Pasalnya, dengan kalender kerja yang jelas dan terukur maka kegiatan di desa dapat berjalan baik. Jika tidak, maka banyak kegiatan menumpuk di akhir tahun hingga menghambat pembangunan di desa.

Keempat PNS yang dipilih untuk menjadi penjabat Kepala Desa, kata Bupati Juandi, lantaran dianggap mampu berdiri di atas semua kepentingan. "Pemimpin rakyat di tingkat desa merupakan unjung tombak kegiatan pemerintah karena berhubungan langsung dengan masyarakat," pungkasnya. 

Di akhir sambutannya, orang nomor satu di Bumi Biinmaffo ini menekankan beberapa hal pokok, pertama sebelum menjalankan tugas sebagai kepala desa yang baru maka pelajarilah berbagai aturan yang mengatur tentang desa agar dapat menjalankan tugas pemerintahan secara terukur. "Harus menerima masukan, banyak belajar, rangkul orang tua dan BPD adalah kunci utama,"tegasnya. 

Pesan yang kedua, lanjut Bupati Juandi, dapat memaksimalkan peran dan fungsi dari sekretaris desa dan para perangkat desa. Adakan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa. "Perlu merangkul tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama. Bangunlah komunikasi yang baik dengan semua elemen," tutupnya sembari mengingatkan para ketua tim penggerak PKK tingkat desa yang juga  dilantik untuk turut mendukung tugas-tugas penjabat kepala desa. 

Penjabat Kades Nonotbatan terlantik, Marselinus Sikas, kepada media ini usai dilantik menyampaikan bahwa hari pertama bekerja dirinya akan bertemu dan tatap muka dengan masyarakat untuk membangun komunikasi demi kolaborasi mewujudkan program pemerintah sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati. "Saya tidak bisa bekerja sendiri namun harus bersama perangkat dan semua stakeholder yang ada," tandasnya.

"Apa yangg disampaikan oleh Bupati soal Visi dan misi  sudah jelas dan wajib  dieksekusi. Tidak bisa keluar dari Visi dan misi Bupati. Saya akan lakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan unsur paling bawah," ujar staf pada kantor Camat Biboki Anleu ini.

Apson Benu, editor : Kristo Ukat

Hits: 380

Traffic

  • IP: 3.235.78.122
  • Browser: unknown
  • Browser Version: unknown
  • Operating System: unknown