• Kantor DPRD Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Pacuan Kuda di Tanjung Bastian
  • Kantor Bupati Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara

Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat Kab. TTU

Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tingkat Kabupaten Timor Tengah Utara tahun 2017 berlangsung di Aula Kantor Camat Insana Barat di Mamsena pada 30 Maret 2017. Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Sau Fernandes, S.Pt yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten TTU Drs. Agustinus Kasenube membuka secara resmi kegiatan tersebut dan membacakan sambutan Bupati TTU. Hadir pada kegiatan tersebut Camat Insana Barat, Plt. Kepala Dinas Kominfo dan Statistik, Kepala Dinas PMD, para Kepala Desa dan peserta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari Kecamatan Insana Tengah dan Kec. Insana Barat.

 

Dalam sambutannya Bupati TTU menyampaikan terima kasih kepada peserta kim dan Bupati menegaskan fungsi pokok KIM sebagai wahana informasi, baik antar sesama anggota KIM maupun dengan pemerintah secara berjenjang. Dengan sesama anggota KIM dapat saling bertukar informasi atau pengetahuan yang positif dan bernilai guna atau bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. Melalui wadah KIM yang ada, masyarakat juga dapat memberikan saran-saran kepada pemerintah secara berjenjang tentang apa yang harus dibangun di wilayahnya yang sesuai dengan prioritas kebutuhan masyarakat. Dengan kata lain anggota KIM adalah perencana sekaligus pelaksana pembangunan lokal. Hal ini sangat sesuai dengan pendekatan pembangunan pada era sekarang yakni pemberdayaan masyarakat. Selain itu anggota kim juga merupakan agen pembangunan yakni dengan ikut menyebarluaskan program dan kegiatan pembangunan kepada masyarakat sekitarnya, KIM juga adalah merupakan mitra dialog pemerintah baik dalam merumuskan maupun pelaksanaan serta monitoring implementasi kebijakan publik di suatu wilayah. Seorang anggota KIM harus selalu haus dan lapar akan informasi.

Mengakhiri sambutannya Bupati TTU menginformasikan sekaligus menegaskan bahwa dalam perencanaan pembangunan daerah tahun 2016 – 2021 ada beberapa program prioritas yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kab. TTU yakni program Desa Mandiri Cinta Petani (Sari Tani) dan program Padat Karya Pangan (PKP) masih tetap dilanjutkan dengan tekanan yang berbeda. Selain PKP dan sari Tani ada beberapa program prioritas yaitu program Bedah Rumah Rakyat Tidak Layak Huni, program penguatan manajemen pemerintah desa tertinggal, pembangunan Taman Doa Patung Kristus Raja, dan program prioritas lainnya.

Bupati menegaskan agar semua pihak termasuk para Kepala Desa dan masyarakat desa agar mau mendukung berbagai program dan kegiatan tersebut. Inilah tugas dan panggilan kita semua sebagai warga TTU, agar masyarakat dan daerah TTU semakin maju dan sejahtera.

Hits: 285

Traffic

  • IP: 54.162.211.170
  • Browser: unknown
  • Browser Version: unknown
  • Operating System: unknown