• DIRGAHAYU HUT KOTA KEFAMENANU KE-95
  • Met Ultah 95 Tahun Kota Kefamenanu
  • Kantor DPRD Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Pacuan Kuda di Tanjung Bastian
  • Kantor Bupati Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara

Visi dan Misi

Visi dan Misi

» Visi

Visi pembangunan daerah Kabupaten Timor Tengah Utara periode 2011 – 2015

Terwujudnya masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara yang sejahtera, adil, demokratis dan mandiri melalui pemberdayaan potensi sumber daya manusia laki-laki dan perempuan serta sumber daya alam secara lestari”. Kandungan makna dalam uraian visi ini menjelaskan bahwa kondisi yang ingin dicapai dalam kurun waktu 5 (lima) tahun kedepan adalah mewujudkan masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara yang berpenghasilan cukup, cerdas dan sehat, memiliki kesamaan hak dalam hukum dan hak untuk mendapatkan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam nuansa demokrasi yang mensyaratkan adanya kebebasan untuk berpartisipasi secara aktif dalam berbagai bidang baik laki-laki maupun perempuan sehingga memampukan rakyat untuk hidup mandiri. Berikut dijelaskan makna kata-kata kunci dari visi tersebut.

“Sejahtera” mengandung pengertian bahwa dalam kurun waktu lima tahun kedepan akan terjadi peningkatan penghasilan, pengetahuan atau pendidikan dan derajat kesehatan masyarakat. Upaya penurunan kemiskinan, kebodohan dan problema kesehatan, juga terkait erat dengan pembangunan infrastruktur yang memadai agar rakyat memiliki akses yang cukup baik untuk mengembangkan ekonomi, mendapatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan.

“Adil” memiliki arti bahwa semua warga masyarakat Timor Tengah Utara baik laki-laki maupun perempuan memiliki kesamaan hak untuk mendapatkan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan kemasyarakatan serta kesamaan hak dalam hukum.RPJMD TTU 2011 2015 215 Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara.

“Demokratis” mengandung makna bahwa rakyat memiliki kebebasan dan kesamaan hak untuk turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan desa dalam koridor norma dan aturan yang berlaku.

“Mandiri” menunjukkan adanya peningkatan kemampuan rakyat Timor Tengah Utara yang diindikasikan oleh meningkatnya kesejahteraan masyarakat, akses informasi, komunikasi dan infrastruktur daerah lainnya.

“Pemberdayaan potensi sumber daya manusia laki -laki dan perempuan” mencerminkan betapa pentingnya kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan dimana kaum perempuan diberi kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk berpartisipasi dalam berbagai bidang pembangunan, dan hak-hak perempuan penting untuk dilindungi.

“Sumber daya alam secara lestari” melingkupi suatu pengertian bahwa pengelolaan sumber daya alam akan dioptimalkan untuk kesejahteraan rakyat dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.

(sumber: RPJMD Kabupaten TTU 2011-2015)

 

» Misi

1.Memberdayakan ekonomi kerakyatan berbasis potensi unggulandaerah dan berwawasan lingkungan hidup secara sinergis dan berkelanjutan.

 

Dengan misi ini, Pemerintah Daerah bertekad memberdayakan ekonomi rakyat yang berbasis potensi unggulan daerah dengan mengembangkan pertanian, mengoptimalkan pengelolaan SDA yang berorientasi pada pelestarian lingkungan hidup, melakukan revitalisasi dan refungsionalisasi lembaga-lembaga keuangan mikro seperti koperasi dan UKM, mengembangkan pariwisata serta menarik minat penanaman modal dalam daerah yang tinggi dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian rakyat.

 

2.Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan, kesehatan, olah raga dan kepemudaan.

 

Misi ini menjelaskan keinginan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan yang berkualitas, terakses dan merata, peningkatan derajat kesehatan masyarakat melaui optimalisasi pelayanan kesehatan yang bermutu, dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat secara mudah dan murah, mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga serta mengembangkan bidang kepemudaan sebagai bagian dari pembinaan mental dan budaya sportivitas yang kondusif bagi pembangunan berbagai bidang.

 

3.Meningkatkan aksesibilitas melalui pembangunan dan pemerataan infrastruktur daerah.

 

Makna yang terkandung dalam misi ini adalah bahwa Pemerintah Daerah akan melakukan pembangunan dan pemerataan infrastruktur daerah guna meningkatkan aksesibilitas masyarakat untuk mempermudah aktivitas ekonomi dan mudah untuk mendapatkan pelayanan publik.

4.Mewujudkan tata kepemerintahan yang baik dan bersih.

Melalui misi ini, Pemerintah Daerah akan berupaya untuk mewujudkan good and clean governance dengan melakukan penataan kembali birokrasi pemerintahan daerah sebagai ujung tombak pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, menciptakan situasi yang tenteram dan tertib, mewujudkan kesetaraan gender dalam pelbagai aspek, perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) serta mendukung implementasi otonomi desa dengan meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan desa dan meningkatkan kapasitas fiskal desa.

5.Mengembangkan kawasan strategis daerah dengan menata Kota Kefamenanu sebagai Ume Naek – Ume Mese, mengembangkan kawasan pesisir Pantai Utara serta optimalisasi pembangunan kawasan perbatasan.

 

» Program Strategis

 

A. Program Strategis, terdiri dari :

1.Program Pengembangan Pertanian

2.Program Pengembangan Pendidikan

3.Program Pengembangan Kesehatan

4.Program Pemberdayaan Koperasi dan UKM

5.Program Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.

B. Program Khusus, terdiri dari :

1.Pengembangan Kota Kefamenanu sebagai Ume Naek – Ume Mese

2.Pengembangan Kawasan Pesisir Pantai Utara

3.Pengembangan Kawasan Perbatasan

C. Program Penunjang, mencakup dua belas program yakni :

1.Program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Hak Asasi Manusia

2.Program Peningkatan Pembangunan dan Pemerataan Infrastruktur Daerah

3.Program Penguatan Otonomi Desa

4.Program Pengembangan Kepariwisataan dan Kebudayaan

5.Program Pengembangan Olah Raga dan Kepemudaan

6.Program Penguatan Perencanaan dan Penganggaran Daerah

7.Program Peningkatan Kapasitas Birokrasi Pemerintahan Daerah

8.Program Pemantapan Kualitas Layanan Administrasi Pemerintahan

9.Daerah dan Penguatan Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan

10.Program Peningkatan Ketenteraman dan Ketertiban Umum

11.Program Peningkatan Investasi Daerah

12.Program Penguatan Pengelolaan Database, Kearsipan dan Informatika

13.Program Pembinaan Kesejahteraan Sosial, Ketenagakerjaan, Transmigrasi dan Kependudukan.

Hits: 5797

Traffic

  • IP: 54.167.253.186
  • Browser: unknown
  • Browser Version: unknown
  • Operating System: unknown