• Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H Mohon Maaf Lahir & Batin
  • DIRGAHAYU RI 76
  • Pantai Wini - Insana Utara
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Pacuan Kuda di Tanjung Bastian
  • Kantor Bupati Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Bukit Tuamese
  • Kantor DPRD Kabupaten TTU
  • PLBN Wini

Pelantikan Anggota DPRD Kab. TTU

Sebanyak 30 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Timor Tengah Utara  (TTU) masa bhakti 2009-2014 hasil Pemilihan Umum Legislatif 9 April 2014 lalu, dilantik pada Senin, 25 Agustus 2014. Proses pengambilan sumpah/janji dan pelantikan 30 anggota DPRD TTU ini dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kefamenanu dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten TTU di Kantor DPRD TTU. Dari 30 anggota DPRD TTU yang seharusnya dilantik, satu orang berhalangan yakni anggota DPRD dari Partai Kebangkaitan Bangsa (PKB) yakni Theodorus Tahoni, S.Pd. saat ini. Yang bersangkutan berstatus sebagai tahanan Kejaksaan TTU.

Sidang Paripurna Istimewa ini dipimpin Wakil Ketua DPRD TTU, Hendrikus Frengky Saunoah, SE. Selain dihadiri para anggota DPRD yang baru dan lama, acara pengambilan sumpah/janji dan pelantikan juga dihadiri oleh Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, S. Pt, Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes, S.Sos, anggota Forkompimdo, para pimpinan SKPD, para camat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat. Hadir pula keluarga para anggota DPRD yang baru untuk menyaksikan jalannya prosesi pelantikan dari luar ruangsidang.

Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Gubernur NTT Nomor: Pem.171/314/02/2014 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD TTU Masa bakti 2009-2014 dan Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD TTU masa Bakti 2014-2019 oleh Sekretaris DPRD Kabupaten TTU, Drs. Philipus Pala.

Setelah pengambilan sumpah/janji dan pelantikan dilakukan penyematan pin jabatan. Berdasarkan Surat Keputusan dari DPP PDIP dan DPP Partai Golkar, maka Pimpinan Sementara DPRD TTU dijabat oleh Hendrikus Frengky Saunoah, SE (Ketua) dan Drs. Amandus Nahas (Wakil Ketua). Rapat paripurna istimewa selanjutnya dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD TTU.

Ketua Sementara DPRD TTU Hendrikus Frengky Saunoah dalam sambutannya mengatakan, pengucapan sumpah/janji anggota DPRD pada hakekatnya merupakan pernyataan tekad untuk memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakilinya. Nilai-nilai sumpah/ janji tersebut harus diejawantahkan dalam tugas, fungsi dan wewenang yang diemban sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diberikan rakyat dan secara moril dipertanggungjawabkan kepada Tuhan.

Lebih lanjut, kata Fengky, pengucapan sumpah/janji yang telah dilakukan tidak sekedar upacara seremonial yang tanpa makna. "Paling kurang ada dua point penting dari momentum hari ini yakni penegasan komitmen Ketuhanan dan Penegasan komitmen kerakyatan," tandas Frengky.

Komitmen Ketuhanan yakni anggota DPRD mengadakan sebuah kontrak dengan Tuhan dan memikul amanat yang akan dipertanggungjawabkan di akhirat. Sedangkan penegasan komitmen kerakyatan yakni "membumikan" komitmen ketuhanan dengan membangun kontrak sosial bersama rakyat untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.

Sementara Gubernur NTT, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati TTU, menegaskan bahwa DPRD memiliki tanggungjawab yang sama dengan pemerintah daerah untuk mencapai tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai amanat UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Relasi kemitraan antara DPRD dan Kepala Daerah adalah prasyarat mutlak dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat. Pengucapan sumpah/janji dan pelantikan anggota DPRD TTU mengandung makna Yuridis Konstitusional.
Oleh karena itu Gubernur Lebu Raya mengharapkan semoga pengucapan sumpah/ janji dan pelantikan ini dapat memberi tanggungjawab yang lebih besar kepada para  anggota DPRD yang baru untuk membangun daerah dan mensejahterakan rakyat. Gubernur percaya bahwa para anggota DPRD yang dilantik adalah orang-orang pilihan yang dipercaya mampu menjembatani aspirasi dan kepentingan masyarakat.

Acara pengucapan sumpah/ janji dan pelatikan ini berlangsung aman, tertib dan lancer berkat pengaman dari aparat Polres TTU. Sedangkan ketiga puluh anggota yang dilantik berasal dari berbagai partai politik antaralain, PDIP (8), Golkar (4), Hanura (3), Gerindra (3), PAN (3), PKB (2), Nasdem (2), Demokrat (2), PKPI (2) dan PKS (1). (humassetdattu).

Timex - Rabu, 27 Agustus 2014.

Hits: 9597

Traffic

  • IP: 35.172.111.71
  • Browser: unknown
  • Browser Version: unknown
  • Operating System: unknown