• DIRGAHAYU RI 77
  • Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H Mohon Maaf Lahir & Batin
  • Pantai Wini - Insana Utara
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Pacuan Kuda di Tanjung Bastian
  • Kantor Bupati Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Bukit Tuamese
  • Kantor DPRD Kabupaten TTU
  • PLBN Wini

Pemkab TTU Kerjasama Dengan Keuskupan Atambua Lakukan Pelestarian Lingkungan Hidup

Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur bekerjasama dengan Keuskupan Atambua melaksanakan kegiatan pelestarian lingkungan hidup dengan menanam sebanyak kurang lebih 14 000 (Empat  belas ribu) anakan jenis pohon di lokasi Kobe dan Bijael Sunan di lereng Gunung Mutis  Kecamatan Mutis dan  Kecamatan Miomaffo Barat, Selasa (11/01/2022).

Kegiatan pelestarian lingkungan hidup melalui  penanaman anakan pohon tersebut dihadiri Uskup Atambua Mgr. DR. Dominikus Saku, Pr,  Bupati TTU Drs.Juandi David, Wakil Bupati TTU Drs. Eusabius Binsasi, Pimpinan DPRD TTU,  Ketua dan Wakil  Ketua TP. PKK TTU, Rektor Unimor,  Penjabat Sekda TTU, Wakapolres TTU, Pejabat dari BP DASHT NTT, Pimpinan OPD TTU dengan melibatkan ribuan orang terdiri dari masyarakat Kecamatan Miomaffo Barat dan Mutis,  seluruh ASN Pemerintah Kabupaten TTU, Para Imam dan  Rohaniawan/Rohaniawati Se-keuskupan Atambua,   Perguruan Tinggi maupun para pemuda dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Bupati TTU, Drs. Juandi David berharap 14 ribu anakan pohon yang ditanam tersebut semuanya dapat tumbuh dengan baik demi terciptanya kelestarian lingkungan dan terjaganya keseimbangan iklim.

"Kita sudah korbankan waktu, tenaga, biaya dan pikiran dengan melaksanakan pelestarian lingkungan hidup. Kita harapkan semua anakan yang ditanam semuanya bisa tumbuh subur dengan baik," ujar Juandi. 

Bupati Juandi juga mengharapkan kerjasama yang baik terutama para pemilik ternak di dua wilayah itu untuk menjaga dan menertibkan ternaknya agar tidak merusak tanaman yang  ada.

"Kendala terbesar kita sesudah ini adalah ternak. Karena itu kita berharap  pemilik ternak  yang ada di sekitar sini untuk menertibkan ternaknya. Kita tidak melarang tetapi kalau bisa digembalakan dan diarahkan ke lokasi lain sehingga tidak merusak tanaman yang ada," ujar sosok nomor satu di Kabupaten TTU ini. 

Bupati melanjutkan, dalam kegiatan pelestarian lingkungan hidup ini,  Pemkab TTU mengajukan permohonan dan mendapat bantuan anakan kurang lebih 13 ribu anakan  dari BPDASLH NTT. Semuanya diperoleh gratis tanpa biaya, ujarnya. Dan dari Keuskupan Atambua membawa 1000 anakan, sehingga total anakan yang akan ditanam hari ini  sebanyak 14.000 anakan. 

Sementara itu, Uskup Keuskupan Atambua, Mgr. Dominikus Saku, Pr pada kesempatan yang sama menyebut kegiatan penanaman pohon merupakan pelestarian lingkungan hidup. 

"Saya tidak  menamakan kegiatan hari ini sebagai penghijauan, namun pelestarian lingkungan hidup. Karena Bapak Suci sudah memerintahkan kami para Uskup untuk merayakan selama 7 tahun kedepan terhitung mulai September 2020 sampai 2026 merayakan dokumen yang dinamakan Laudato Si (Terpujilah Dia) dari Santu Fransiskus Asisi. Karena Santu Fransiskus Asisi yang menyapa pohon-pohon, sebagai saudara saudarinya.

"Sebab, pohon, batu, air, tanah, udara, langit dan bumi itu adalah sumber kehidupan kita yang merupakan pusat kehidupan yang disiapkan Tuhan supaya kita semua hidup," imbuh Uskup Domi.

Uskup Domi menyampaikan, 7 (tujuh)  tahun kedepan di Kabupaten TTU, Belu dan Malaka yang adalah  wilayah Keuskupan Atambua akan melaksanakan  program yang dinamakan  Pelestarian Lingkungan Hidup  yang menjadi kepentingan masyarakat karena berhubungan  dengan tanah, air dan udara. 

Hal ini, jelas Uskup Domi, Pelestarian Lingkungan Hidup sudah ditetapkan di tingkat EPBC atau Konfrensi Uskup-Uskup Federasi Asia dengan nama Loudato Si Exemplator.

"Laudato Si Exemplator adalah apa yang hari ini kita laksanakan. Oleh karena itu tanggung jawab kita adalah menjaga tanaman ini," pungkas Uskup Domi. 

Lius Salu, editor : Kristo Ukat

Hits: 440

Traffic

  • IP: 44.210.21.70
  • Browser: unknown
  • Browser Version: unknown
  • Operating System: unknown