• DIRGAHAYU KOTA KEFAMENANU 100Th
  • DIRGAHAYU RI 77
  • Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H Mohon Maaf Lahir & Batin
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Pacuan Kuda di Tanjung Bastian
  • Kantor Bupati Kabupaten TTU
  • Kapal Pesiar di Pelabuhan Wini Insana Utara
  • Bukit Tuamese
  • Kantor DPRD Kabupaten TTU
  • Pantai Wini - Insana Utara
  • PLBN Wini

Kwarcab Gerakan Pramuka TTU Lakukan Peghijauan Di Kawasan Hutan Unit Neke Desa Tublopo

Dalam rangka mengamalkan point kedua Dasadarma Pramuka yaitu Cinta Alam dan dan kasih sayang sesama manusia, Kwartir Cabang  Gerakan Pramuka  Timor  Tengah Utara  Provinsi Nusa Tenggara Timur dibawah pimpinan Ketua  Kwarcab Dra. Elvira B. M Ogom memimpin langsung kegiatan penghijauan di Kawasan hutan Unit  Neke Desa Tublopo Kecamatan Bikomi Selatan, Jumat (4/1/2022).

Kegiatan penghijauan yang melibatkan Pengurus Kwarcab TTU, para pembina dan pelatih serta anggota pramuka yang berasal dari Gugus Depan 033-034 SMKS Katolik Kefamenanu, 065-066 SMKN 1 Kefamenanu, 017-018 SMUN 1 Kefamenanu, SMKN Bikomi Selatan, 111-112 SMP Katolik St. Antonius Padua Sasi, SMPN Kota Baru dan SMPN Tublopo yang  berjumlah kurang lebih 375   orang melakukan penghijauan  di seputaran kawasan hutan Unit  Neke Desa Tublopo Kecamatan Bikomi Selatan. Adapun anakan yang ditanam tersebut  sebanyak 1500 anakan diantaranya, anakan trambesi, mahoni, beringin, bayam dan anakan pinang yang ditanam di sekitar sumber mata air yang ada dalam kawasan hutan tersebut

Usai penanaman anakan di lokasi tersebut, masing-masing anggota penggalang dan penegak  yang hadir dengan dipandu dari para pelatih dan pembina yang ada  bergembira bersama dengan membangkitkan semangat melalui teriakan  yel-yel yang telah dilatih oleh para pelatih pramuka di masing-masing sekolah.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka TTU Dra. Elvira B. M Ogom di sela-sela kegiatan penghijauan  kepada wartawan mengatakan bahwa kegiatan penghijauan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian anggota pramuka dalam mencintai alam sebagaimana diamanatkan dalam Dasadarma Pramuka point ke-2.  Selain itu juga, untuk melatih dan mengingatkan generasi muda  kita akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan alam yang telah dianugerahkan secara cuma-cuma oleh Tuhan bagi kita umat manusia. Dan juga untuk menjamin ketersediaan air di kawasan hutan Unit Neke Desa Tublopo ini. 

"Kita perlu menjaga alam ini agar tetap hijau, lestari dan dapat menyediakan udara segar bagi kita," ujar Korwas SMA/SMK Kabupaten TTU ini.

Sementara itu Camat Bikomi Selatan, Drs. Yohanes Sanak, MA mengatakan, pemerintah Kecamatan Bikomi Selatan melibatkan PKK Bikomi Selatan dan pemerintah Desa Tublopo mendukung penuh kegiatan penghijauan tersebut.

"Kita sudah punya target utama yaitu untuk pelestarian lingkungan hidup terutama sumber daya air bersih,"ujar Sanak. 

Sanak mengatakan, pemerintah Kecamatan Bikomi Selatan sudah  melakukan penghijauan di 10 desa di Kecamatan Bikomi Selatan. 

"Sudah 4 tahun dan kita fokus pada air bersih di Kecamatan Bikomi Selatan. Karena omong soal air bersih ada 2 hal. Pertama perlindungan sumber air.  Kedua mengelola sumber air. Perlindungan sumber air yaitu melalui penghijauan seperti ini," ujar Sanak.

Terlihat pengurus yang hadir pada kegiatan penghijauan tersebut bersama Ketua Kwarcab  TTU Dra. Elvira B. M. Ogom antara lain, Wakil Ketua I Bidang Bina Muda Drs. Kristoforus Ukat, MM, Wakil Ketua II Bidang Binawasa Stefanus Neonbeni, S. Hut, Wakil Ketua III Bidang Hukum dan  Organisasi  Mesakh Latan, S. Pd, SH dan sejumlah pengurus lainnya. Selain itu ada  juga Camat Bikomi Selatan Drs. Yohanes Sanak, MA bersama perangkat Kecamatan Bikomi Selatan serta Ketua TP. PKK  Kecamatsn Bikomi Selatan.

Lius Salu, editor : Kristo Ukat

Hits: 381

Traffic

  • IP: 3.238.98.39
  • Browser: unknown
  • Browser Version: unknown
  • Operating System: unknown